Pendidikan Bela Negara


Diklat Karakter Bangsa dan Pendidikan Bela Negara SMP Negeri 3 Srengat
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 12 Januari 2014 di Batalyon 511 Badak Hitam, Karang tengah Kab. Blitar. Mengapa dipilih hari Minggu? Karena kegiatan ini melibatkan seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX dan seluruh bapak ibu guru.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan siswa. Lebih lanjut diharapkan agar para siswa memiliki kesadaran bela negara sebagai implementasi pembelajaran PPKN, Wawasan Kebangsaan dan Budi Pekerti.
Kegiatan ini meliputi banyak aktivitas, antara lain mountaineering, PBB, outbound, pengenalan peralatan perang seperti senjata dan amunisi, jeep atau tank, latihan fisik, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membakar semangat kebangsaan.

Beberapa guru juga ikut mencoba kegiatan mountaineering, meluncur dari tower dengan seutas tali seperti peralatan panjat tebing. Dan ternyata ..... sangat asyik. Meluncur dari ketinggian 15 m membuat hormon adrenalin meningkat. Uji nyali dan uji keberanian.
Beberapa siswa menyatakan perasaannya dari kegiatan ini. Wulan Yuliyani (siswa kelas VIII H, Ketua OSIS) mengatakan sangat senang bisa merasakan mountaineering, sungguh pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan.
Intan Margaretha (Siswi Kelas IX D, mantan wakil ketua Osis) yang bercita-cita untuk menjadi Polwan ini malah sempat menjajal senjata laras panjang dari bapak tentara Yonif 511. Sangat excited ....
Alhamdulillaah kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, didukung cuaca yang bagus. Rombongan pulang dan sampai lagi di SMP kita tercinta dengan selamat sekitar pukul 4 sore. Anak-anak sudah dijemput oleh orang tua masing-masing dan pulang dengan perasaan lelah yang menggembirakan. @

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dewan Guru Spenega

Hasil Karya Daur Ulang

Dinding yang Berbicara