Screening Kesehatan Siswa Baru

Setiap awal tahun pelajaran, UKS SMP Negeri 3 Srengat bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Srengat mengadakaan tes screening kesehatan bagi siswa baru. Kegiatan yang sering disebut Penjaringan Kesehatan ini ditujukan untuk mengetahui kesehatan siswa baru secara lengkap baik fisik maupun mental.
Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan organ telinga, hidung, tenggorokan (THT), mata, pengukuran tinggi badan dan berat badan, tes buta warna, dan pemeriksaan denyut nadi.
Pemeriksaan organ telinga untuk mengetahui kebersihan siswa dalam menjaga organ tubuhnya, untuk memeriksa daya dengar telinga dan untuk mendeteksi dini adanya penyakit/kelainan yang mengganggu indra pendengaran.

Pemeriksaan mulut dan tenggorokan untuk mengetahui kebersihan organ mulut dan gigi.
Pemeriksaan organ mata dan tes buta warna ditujukan untuk mengetahui kesehatan organ mata, jarak pandang siswa ke papan tulis, dan untuk deteksi dini kelainan pada organ mata misalnya rabun jauh, rabun dekat, buta warna, presbiopi atau kelainan yang lainnya.
Untuk selanjutnya hasil tes pemeriksaan awal ini disampaikan ke orang tua/wali murid untuk ditindak-lanjuti kemudian. Apabila dari golongan keluarga tidak mampu, maka pihak sekolah akan memfasilitasi langkah selanjutnya ke Puskesmas atau RS terdekat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dewan Guru Spenega

Hasil Karya Daur Ulang

Dinding yang Berbicara