Upacara Bendera


Upacara bendera dilaksanakan tiap hari Senin pagi atau pada hari-hari besar nasional. Upacara diikuti oleh semua siswa kelas VII, VIII dan IX, dan seluruh bapak ibu guru SMPN 3 Srengat.
Kegiatan upacara bendera melatih siswa untuk bersikap disiplin, mematuhi tata tertib, dan menjadi generasi muda yang memiliki fisik yang kuat dan sehat.
Petugas upacara diatur secara bergiliran masing-masing kelas. Dan pada upacara hari besar nasional, petugas upacara adalah siswa-siswi pengurus OSIS.
Pelaksanaan upacara bendera melatih siswa untuk bersikap tegap dan berjiwa nasionalis. Berdiri tegap selama beberapa puluh menit menguji ketahanan fisik dan konsentrasi daya pikiran. Menghormat bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu-lagu nasional membangkitkan semangat kenegaraan dan berjiwa nasionalis.
Pengibaran Sang Saka Merah Putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan inti dari upacara bendera. Kekhidmatan suasana saat upacara bendera menentukan sikap nasionalis diri kita. Seperti ikut merasakan dan menghayati detik-detik proklamasi pada saat 17 Agustus 1945.
Berdiri tegap dan posisi sikap sempurna melambangkan generasi muda yang tangguh, yang sehat, dan siap untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia tercinta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dewan Guru Spenega

Hasil Karya Daur Ulang

Dinding yang Berbicara