Menuju Adiwiyata ...


Para siswa berkreasi membuat poster yang berisi tentang kata-kata motivasi yang berhubungan dengan lingkungan. Poster ini pun terbuat dari bahan limbah, yaitu kertas kardus bekas. Anak-anak bersemangat membuat kreasi poster ini. Mereka bekerja sama dengan anggota kelompoknya masing-masing untuk menghasilkan karya poster yang terbaik.
Gerakan Menanam Seribu Pohon juga dilaksanakan dengan penuh semangat. Para siswa menyumbangkan sebatang pohon dari rumah masing-masing untuk ditanam di sekolah. Berbagai macam tanaman sumbangan dari para siswa ini membuat khazanah tanaman semakin beraneka ragam. Ada yang membawa tanaman bunga, tanaman pangan, ada tanaman obat, dsb.
Gerakan Penghijauan dengan menanam berbagai macam pohon di hutan sekolah. Gerakan menanam ini membuat Keanekaragaman Hayati tanaman di sekolah semakin meningkat. Adanya berbagai macam tanaman ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa. Belajar secara langsung dari lingkungan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan siswa merasa nyaman.
Suasana lingkungan sekolah juga semakin asri dan sejuk dengan adanya berbagai macam tanaman. Di depan kantor dekat dengan ruang KS ada istana keladi. Berbagai macam tanaman keladi/talas ada disana. Mulai dari keladi putih, merah, bintik-bintik, tengkorak, dsb. Tanaman higrofit ini memberi kesan adem pada lingkungan karena tanaman higrofit dapat tumbuh subur di lingkungan yang kadar kelembabannya tinggi.
Di depan ruang perpustakaan sepanjang koridor tengah terdapat istana anggrek. Berbagai macam spesies anggrek ada disana. Anggrek bulan, anggrek tanah, anggrek Cattleya, dsb. Banyaknya tanaman bunga anggrek ini memberi kesan indah dan lingkungan yang asri. Siapa yang memandang dan lewat di koridor itu pasti senang hatinya melihat bunga-bunga anggrek yang bermekaran.
Untuk mewujudkan lingkungan yang asri dibutuhkan banyak pohon. Setiap anak membawa sebatang tanaman dari rumah untuk kemudian ditanam di sekolah. Dengan demikian lingkungan sekolah akan memiliki banyak tanaman yang membuat lingkungan menjadi lebih hijau, asri dan nyaman. Setiap pohon menghasilkan gas oksigen pada saat fotosintesis. Hal ini membuat suasana alam jadi sejuk dan segar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dewan Guru Spenega

Hasil Karya Daur Ulang

Dinding yang Berbicara