Gerakan Orang Tua Asuh


Pada hari Senin, 7 Juli 2014 bertempat di Laboratorium IPA diselenggarakan acara Sosialisasi dan Action GOTA (Gerakan Orang Tua Asuh) SMP Negeri 3 Srengat. Kegiatan ini menghadirkan siswa yang kurang mampu beserta orang tua/wali untuk menerima bantuan dana pendidikan. Tujuan dari kegiatan GOTA ini adalah untuk membantu para siswa yang kurang mampu untuk melunasi biaya sekolah, agar mereka tetap bersemangat untuk sekolah tanpa terkendala tanggungan biaya. Bapak Drs. Muh. Syakur selaku Ketua Pelaksana GOTA ini menjelaskan bahwa siswa yang kurang mampu berhak untuk dibantu pembiayaannya dalam pelaksanaan proses belajar.
Bapak D. Puguh Santoso, S.Pd. sebagai Waka Kurikulum dan Ketua Tim Pengembang Sekolah menjelaskan latar belakang munculnya kegiatan GOTA ini. Pada awalnya kegiatan ini adalah gerakan sosial dari Bapak-Ibu Guru untuk membantu anak-anak yatim pada bulan Asyura atau bulan Suro, atau yang biasa disebut dengan kegiatan "Yatiman". Tetapi untuk anak usia SMP biasanya sudah akil baligh atau sudah memasuki masa puber. Dan ini membuat mereka sudah tidak sesuai lagi untuk disebut "anak yatim". Oleh karena itu kegiatan ini berganti nama menjadi GOTA atau Gerakan Orang Tua Asuh.
Bantuan pendidikan ini diserahkan oleh Bapak D. Puguh Santoso, S.Pd. kepada para orang tua/wali. Bantuan pendidikan ini sebesar Rp 200.000,- bagi setiap penerima.
Bantuan GOTA juga disampaikan langsung kepada para siswa penerima bantuan. Mereka juga menerima jumlah yang sama yaitu Rp 200.000,-.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dewan Guru Spenega

Hasil Karya Daur Ulang

Dinding yang Berbicara